Minggu, 03 Juni 2012

Soda Dapat Kikis Kepadatan Tulang

Bagi Anda penikmat minuman bersoda, bersiaplah mendengar kabar yang satu ini. Dampak buruk menenggak minuman bersoda dan berkarbonasi terhadap tulang kembali terbukti.

Menurut Dr Lawrence Raisz, Direktur Pusat Osteoporosis Universitas Connecticut, AS, kepadatan tulang yang rendah pada anak-anak berkaitan dengan soda dan minuman berkarbonasi yang dikonsumsi. 

Meski mekanisme menipisnya kepadatan tulang masih belum jelas, para ahli mengemukakan ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi pemicu hal tersebut. 

Pertama, orang yang mengonsumsi soda, khususnya cola, cenderung mempunyai jumlah asupan kalsium dan vitamin D lebih rendah lantaran minuman tersebut menggantikan minuman yang lebih bergizi seperti susu atau jus kaya kalsium. 

Kedua, cola diduga mengandung kafein yang dipercaya dapat mempertinggi risiko terjadinya osteoporosis. Penyebab lainnya, kandungan asam fosfat pada cola. 

Tubuh akan mencoba menetralisasi asam fosfat dengan kalsium. Jika kalsium yang terdapat dalam makanan dan minuman kita tidak memadai, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang. | Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar